A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u8325654/public_html/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u8325654/public_html/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u8325654/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus

KHDTK WATUSIPAT

Perjalanan dari Kota Yogyakarta ke KHDTK Watusipat, Gunungkidul dapat ditempuh ± 1 jam melalui jalan darat dengan jalan beraspal.

Risalah Kawasan

KHDTK Watusipat Gunung Kidul dibangun tahun 1958 dengan luas 10 Ha, awalnya di kelola oleh Lembaga Penelitian Hutan Bogor atau sekarang bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. KHDTK Gunungkidul diserahkan pengelolaanya kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan tahun 2000. Sampai saat ini KHDTK Watusipat, Gunungkidul memiliki 36 jenis koleksi tanaman hutan. Sejak tahun 2000, kegiatan yang dilaksanakan adalah penelitian, pengamanan, pemeliharaan dan penataan ulang. Tahun 2001 dan 2002 telah dilakukan penelitian jenis Tectona grandis dengan tujuan uji klon dan pada tahun 2001 telah dibangun pula kebun konservasi jenis Arthocarpus altilis. Pada tahun 2002 dan 2003 telah dilakukan kegiatan penelitian Cendana (Santalum album) dengan tujuan konservasi dan pemuliaan. Tahun 2006 KHDTK Watusipat, Gunung Kidul diserahkan pengelolaannya kepada B2PBPTH dan tahun 2010 pengukuhan Kawasan KHDTK dirubah dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SK.346/MENHUT-II/2010 dengan luas KHDTK Watusipat menjadi 10.40 Ha.


Informasi Umum

KHDTK Watusipat, Gunungkidul dibangun tahun 1958 dengan tujuan untuk introduksi jenis-jenis tanaman yang mewakili hutan dataran rendah musim kering. Saat ini, KHDTK Watusipat, yang terletak di Dusun Sendangmole, Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Saat ini tercatat memiliki koleksi tanaman hutan sebanyak 36 jenis dari dalam maupun luar negeri. KHDTK Watusipat, Gunungkidul termasuk tipe iklim C, dengan curah hujan 1.809 mm/tahun, musim penghujan dimulai pada bulan Oktober dan menurun pada bulan Maret. Topografi KHDTK Watusipat, Gunungkidul datar bergelombang dengan kelerengan berkisar 5 – 50 %, jenis tanah grumosol hitam, bahan induk napal dan tufvulkan intermedier dengan tingkat kesuburan rendah. Ketinggian tempat + 150 m diatas permukaan laut.

Potensi Flora

Flora yang ada di khdtk ini antara lain : Cendana (Santalum album).

Cendana (Santalum album)

Hasil penelitian cen

Potensi Fauna

Data Fauna Di KHDTK WATUSIPAT Kosong atau Belum Di Inputkan Oleh Admin

Sarana dan Prasarana

Data Sarana dan Prasarana Di KHDTK WATUSIPAT Kosong atau Belum Di Inputkan Oleh Admin